Programmed Fuel Injection

Programmed Fuel Injection atau PGM-FI adalah penamaan sistem teknologi oleh Honda untuk sistem injeksi bahan bakar elektronik untuk mesin pembakaran internal dengan menginjeksi jumlah bahan bakar per silinder berdasarkan data mesin tertentu. Sistem teknologi ini tersedia sejak akhir 1980-an. Sistem ini pada awalnya oleh Honda diterapkan untuk balap mobil yang kemudian diterapkan pada produksi mobil Honda di tahun 1980 untuk tipe Accord dan Prelude. Kemudian pada tahun 1998 Honda menerapkan sistem teknologi ini pertama kali pada motor VFR800FI.

Sistem teknologi ini bekerja dengan Engine Control Unit (ECU) yang memiliki sensor untuk mengukur suhu mesin, pendingin, minyak, dan udara di luar maupun sensor tekanan untuk memantau minyak dan tekanan udara. Berdasarkan pembacaan dan lokasi throttle, ECU menghitung berapa banyak oksigen dan bahan bakar harus dicampur untuk kinerja optimal dan efisien.

Dengan penggunaan teknologi PGM-FI ini maka kendaraan akan dapat mengirit bahan bakar dan mengendalikan kadar gas buang yang mampu menekan emisi hingga 90%, sesuai dengan standar regulasi EURO 3. Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda saat ini tersedia dalam beberapa varian seperti Honda CBR 250R, Honda Supra X PGM-FI dan lainnya.

Sedangkan perusahaan otomotif Yamaha tidak kalah saing dalam penerapan teknologi injeksi terbaru mengeluarkan produk sepeda motor Yamaha Mio J yang diklaim mampu lebih irit sebanyak 30% dengan menggunakan sistem teknologi Yamaha Mixture JET-Fuel Injection yang menjadikan Yamaha Mio J ini sebagai motor matic injeksi irit harga murah.

sumber: wikipedia